Rahmat Mulyadi

Rahmat Mulyadi

Senin, 29 April 2013

23. DENGAN BERSANDAR KEPADA ALLAH, TIDAK AKAN ADA KESULITAN DALAM MEMINTA



×êbû nÆCÛ|ÖbûnÆCÓC×sL
÷nû÷s÷ê÷P÷Ë÷Ü ÷ÄûùL÷nùL øçøMùÆD÷¨ ÷RüÙ÷C þN÷Çü©÷Õ ÷¼û÷¾ ÷Ý÷PD÷Õ
............................. ÷ÄÖsü»÷ÚùL øçøMùÆD÷¨ þN÷Çü©÷Õ
Maa tawaqqafa mathlabun anta thaalibuhu birabbika walaa tayassara mathlabun anta thaa libuhu binafsika.
Artinya : “Tidaklah terhenti (sulit) permintaan yang kamu memintanya dengan Tuhanmu (mengenai masalah duniawi atau ukhrawi). Dan tidaklah mudah permintaan yang kamu memintanya itu dengan kekuatan dirimu sendiri”.

Sudah menjadi qadrat-Nya, bahwa manusia diciptakan dalam keadaan lmah dan tiada berdaya. Walau bagaimanapun kuatnya tibuh seseorang, walaupun dia pandai, cerdik, luas ilmunya dan pintar, namun tanpa pertolongan dari Allah dia tak akan mampu melakukan apapun.
Karena i8tu, sudah seharusnya apabila manusia senantiasa menyandarkan diri dan menyerahkan sepenuhnya segala persoalan yang dihadapi kepada Allah. Dengan permohonan atau permintaan yang kita sandarkan kepada Allah dan dengan keyakinan yang seyakin-yakinnya bahwa permintaan kita akan dikabulkan oleh-Nya, maka akan mudah bagi kita untuk menerima apa yang kita minta itu.
Selainitu, masih ada syarat-syarat lain yang harus dipenuhi untuk dikabulkannya sbuah do’a. syarat-syarat itu antara lain :
1.            Hendaklah berdo’a dengan sopan dan merendahkan diri. Hal ini ssuai dengan perintah Allah dalam Al-Quran Surat Al-‘Araf ayat 55, yang artinya : “Berdo’alah kepada Tuhanmu dengan merendahkan diri dan (dengan) suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang-orang yang melampaui batas.
2.            Tidak minta agar segera dikabulkan do’anya. Hal ini sesuai dengan bunyi sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang artinya : “Telah dikabulkan permohonan dari salah satu kalian selama ia tidak minta disegerakan. Beliau berkata : Sungguh aku telah berdo’a kepada Tuhanmu, namun do’aku belum dikabulkan”.

Dengan demikian, kami tegaskan sekali lagi, bahwasanya do’a yang dikabulkan oleh Allah do’a yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan memenuhi syarat-syarat yang telah dittapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar