Rahmat Mulyadi

Rahmat Mulyadi

Jumat, 26 April 2013

43. PERBEDAAN ANTARA AMAL ORANG YANG ZUHUD DENGAN AMAL ORANG YANG CINTA DUNIA



Maqallah ‘amalun baraza min qalbi zaahidin walaakatsura ‘amalun baraza min qalbi raghibin.
Artinya : Tidaklah sedikit (banyak) amal yang keluar dari hati orang zuhud, dan tidaklah banyak (sedikit) amal yang keluar dari hati orang yang senang keduniaan”.

Amal yang dikerjakan oleh orang zuhud (tidak menghiraukan kepentingan dunia) selalu timbil dan di dorong oleh keinginan hati yang suci yang jauh dari sifat-sifat riya’, takabur, dan sebagainya, tapi semata-mata karena ingin mendekatkan diri kepada Allah. Dengan demikian, walaupun amal yang dikerjakan itu nampaknya kecil, namun nilainya sangat besar di sisi Allah.
Hal ini berbeda sekali dengan amal yang dikerjakan oleh orang yang cinta dunia. Walaupun amal yang dikerjakannya itu nampak besar, namun sebenarnya nilainya sangat kecil di sisi Allah. Adapun yang demikian ini adalah disebabkan karena amal yang dikerjakannya itu telah tercampur dengan maksud-maksud tertentu yang ada kaitannya dengan kepentingan dunia, seperti riya’, ujub, sombong atau takabur dan sebagainya. Padahal menurut sabda Rasulullah saw, seseorang tidak akan masuk syurga apabila di dalam hatinya terdapat sifat takabur, walaupun hanya sedikit.
Perhatikan sabda Rasulullah saw, sebagaimana yang terdapat dalam hadits riwayat Ibnu Mas’ud, yang artinya :
“Ibadah dua raka’at yang dijalankan oleh orang zuhud lagi ‘alim itu lebih baik daripada ibadah yang dijalankan oleh orang yang giat sepanjanga masa (tapi masih cinta kepada dunia)”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar