Rahmat Mulyadi

Rahmat Mulyadi

Jumat, 26 April 2013

66. PAHALA SETIAP MUKMIN AKAN DIBERIKAN DI AKHIRAT KELAK



Innamaa ja’aladdaaral-aakhirata mahallaa lijazaa-i ‘ibaadihilmukminiina liana hadzaihi ddaara laatasa’u maayuriidu anya’thiyahum wali-annahu ajalla aqdaarahum ‘an anyujaaziyahum fii daarin laabaqaa-alaha.

Artinya : sesungguhnya Allah menyediakan kampong akhirat itu sebagai tempat pembalasan hamba-hamba-Nya yang beriman. Karena sesungguhnya kampong dunia ini tidak memuat apa yang Allah menghendaki untuk memberi mereka. Dan sesungguhnya Allah mengagungkan pembalasan mereka daripada memberi balasan kepada mereka di tempat yang tidak ada keabadian baginya”.

Sewaktu di dunia, setiapm orang bebas dan bias melakukan apa saja menurut kehendak hatinya. Akan tetapi mereka harus ingat, bahwa Allah Maha Mengetahui dan Maha Adil. Setiap langkah dan perbuatan, pasti ada balasannya.
Apabila yang diperbuat di dunia penuh dengan kemaksiatan, maka balasannya adalah neraka. Tetapi apabila yang diperbuat sesuai dengan perintah-perintah-Nya, maka balasannya adalah syurga.
Perhatikan kabar gembira bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa, dan ancaman bagi orang-orang kafir sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an Surat Muhammad ayat 15, yang artinya :
Umpama syurga yang dijanjikan kepada orang yang bertaqwa, di dalamnya beberapa sungai dari air yang tiada berubah-ubah, beberapa sungai dari susu yang tidak berubah-ubah rasanya, beberapa sungai dari arak yang lezat rasanya bagi orang-orang yang meminumnya dan beberapa sungai madu yang bersih. Dan untuk mereka di dalamnya bermacam-macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka (adalah orang yang dalam kesenangan itu) sama dengan orang kekal dalam neraka dan diberi minum dengan air yang sangat panas, sehingga putus-putus usus perut mereka?”.

Adapun gambaran lebih lanjut mengenai keadaan syurga dengan segala kenikmatan dan kesenangan di dalmnya, dapat kita lihat dalam Al-Qur’an, di antaranya dalam Surat :
1.              Surat waqi’ah ayat 20-26, yang artinya : Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih. Dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. Dan (di dalam syurga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli. Laksana mutiara yang tersimpan baik. Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan. Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa. Akan tetapi mereka mendengarkan ucapan salam”.
2.              Surat Al-Insan ayat 15-19, yang artinya : Dan diedarkan mereka bejana-bejana dari perak dan piala-piala yang bening laksana kaca. (yaitu) kaca-kaca (yang terbuat) dari perak yang telah diukur mereka dengan sebaik-baiknya. Di dalam syurga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang dicampurannya adalah jahe. (yang didatangkan dari) sebuah mata air syurga yang dinamakan (salsabil). Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka, mutiara yang bertaburan”.
3.             Surat Az-Zukhruf ayat 71, yang artinya : Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan pila-piala dan didalam syurga itu terdapat segala apa yang di ingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal didalmnya”.
4.                   Surat Yasiin ayat 55-56, yang artinya : sesungguhnya penghuni syurga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka). Mereka dan istri-istri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan.
5.                   Surat waqi’ah ayat 35-37, yang artinya : Sesungguhnya kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung. Dan kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. Penuh cinta lagi sebaya umumnya”.

6.                   Surat As-Shoffat ayat 48-49, yang artinya : Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jeli mata airnya. Seakan akan mereka adalah telur (burung unta) yang tersimpan dengan baik”.

Sesungguhnya kenikmatan dan kesenangan hidup di syurga teramat besar dan tidak terbayangkan. Oleh karena itu marilah kita berusaha dengan segala daya dan upaya untuk mendapatkannya. Dan semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan kemenangan                 ( mendapatkan syurga).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar