Rahmat Mulyadi

Rahmat Mulyadi

Rabu, 24 April 2013

96. SALAH SATU TANDA TERBUKANYA PINTU KESENANGAN BAGI SEORANG HAMBA KEPADA ALLAH



Mataa auhasyaka min khalqihi fa a’lama annahu yuriidu anyaftaha laka babal unsibihii

Artinya : Jika Allah memberi rasa kebosanan kepadamu dari makhluq-Nya. Maka ketahuilah sesungguhnya Dia menghendaki pintu kesenangan kepadamu dengan-Nya”.

Salah satu tanda dibukanya pintu kesenangan bagi seorang hamba untuk berhubungan atau mendekatkan diri kepada Allah adalah apabila timbul perasaan bosan pada diri orang tersebut untuk berhubungan dengan sesame manusia.
Perasaan di atas timbul karena ia berasa, bahwa hubungan tersebut seringkali membawa akibat buruk, seperti : terpengaruh lingkungan atau kebiasaan yang buruk, menyebarkan aib orang lain, memfitnah, serta banyak membuang waktu dengan percuma.
Karena itu, untuk menghindarkan diri dari akibat-akibat buruk tersebut ia lalu memisahkan diri dari pergaulan masyarakat (dalam arti tidak mau terpengaruh oleh tingkah laku dan kebiasaan buruk yang dianut masyarakat), sehingga identitas dirinya tetap terjaga, dan kewajiban-kewajiban agamanya tidak tetlupakan.
Sehubungan dengan ini Rasulullah saw. Pernah bersabda : Siapakah kaum ghurobaa’ itu Ya Rasulullah?. Nabi bersabda : Yaitu orang-orang yang senantiasa bertambah pada saat orang lain berkurang”.

Jadi yang dimaksud dengan bertambah di sini adalah bukan bertambah harta atau jabatan, melainkan bertambah amal kebajikannya, bertambah mutu iman dan taqwanya.


3 komentar: