Rahmat Mulyadi

Rahmat Mulyadi

Selasa, 23 April 2013

130. BILA HATI DITERANGI CAHAYA KEYAKINAN, MAKA AKHIRAT TERASA LEBIH DEKAT DARI PANDANGAN KITA



Lauasyraqa laka nuurulyaqiini lara-aital-aakhirata aqraba ilaika min antarhala ilaihaa walara-iaita mahasinaddunyaa qad zhaharat kisfatulfanaa-i’alaihaa.

Artinya : andaikan cahaya keyakinan itu telah menerangi hatimu, niscaya engkau dapat melihat akhirat itu lebih dekat kepadamu daripada engkau berjalan menuju kepada-Nya, yang engkau dapat menyaksikan segala kecantikan dunia dengan jelas yang telah dollop[uti oleh puing-puing kerusakan yang bakal menghinggapinya”.

Seseorang di dalam hatinya terdapat cahaya keyakinan (cahaya keimanan), maka ia akan melihat seakan-akan akhirat sudah berada dihadapannya. Dan dengan demikian ia lalu siap-siap untuk memasukinya dengan membawa bekal yang diperlukan, yakni berupa amal kebajikan.
Perhatikan sabda Rasulullah saw. Berikut ini, yang artinya :
Sesungguhnya cahaya keyakinan jika masuk kedalam hati, maka menjadi laonglah (terbukalah) dadanya. Ketika Nabi saw. Ditanya Ya Rasulullah? Apakah yang demikian itu ada tanda-tandanya?. Jawab Nabi : Ya, yaitu merenggangkan dari dunia tipuan, condong (kembali) kepada rumah yang abadi, serta mempersiapakan diri untuk mati sebelum mati itu dating”.

Juga didalam riwayat Anas r.a. ia berkata : bahwa pada suatu hari muazd bin Jabal masuk ketempat Rasulullah sambil menangis, maka ditanya oleh Nabi saw. Bagaimanakah keadaanmu pagi hai Muadz ?. jawab Muadz : aku pagi ini mu’min benar-benar kepada Allah. Nabi bersabda : tiap kata-kata yang benar itu harus bukti hakikatnya, maka apakah bukti pertanyaanmu ? jawab Muadz : Ya Nabiyallah, kini jika aku berada di waktu pagi merasa mungkin tidak sampai sore, dan jika pada sore tidak mungkin sampai pagi. Dan tiap melangkah kaki merasa mungkin tidak dapat melangkahkan yang lain, dan terlihat kepadaku seolah-olah manusia semua telah dipanggil untuk menerima suratan amal bersama dengan Nabi dan berhala-berhala yang disembah selain dari Allah, juga seolah-olah melihat siksa ahli neraka dan pahala ahli syurga. Maka sabda Nabi : engkau telah mengetahui, maka tetapkanlah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar