Rahmat Mulyadi

Rahmat Mulyadi

Kamis, 18 April 2013

226. BERSYUKUR KEPADA MANUSIA ATAS NIKMAT YANGN TELAH DITERIMA BUKAN BERARTI LUPA KEPADA ALLAH



Waqad qala abuubakri ash-shiddiqu radhiyallaahu a’nhu li’a-isyata radhiyallaahu ‘anha lamma nazalat yara-ataha minal-ifki ‘alaa lisaani rasuulillaahi shalallahu ‘alaihi wasallama : ya ‘a-isyatu : usykurii rasuulillaahi shalallahu ‘alaihi wasallama. Faqalat : wallaahu ‘anhu ‘alalmaqaamil-akmali maqaamalbaqaa-Il muqtadhii li-isbaatil atsaari waqad qalallaahu ta’alaa : anisykurlii waliwalidaika, waqala shalallaahu a’alihi wasallama : laa yasykurullaaha man laa yasykurunnaasa wakaanat hiya fii dzaalikal waqti mushthalimatan ‘an syaahidihaa ghaa-ibatan ‘anil-atsaari falam tasyhad illal wahidalqahhaari.
Artinya : Abu bakr Ashsiddiq r.a. telah berkata kepada Aisyah r.a. ketika Allah melepaskan Aisyah dari tuduhan orang-orang munafiq melalui lisan Rasulullah : Hai Aisyah, bersyukurlah (berterima kasihlah) kepada Rasulullah. Jawab Aisyah : Demi Allah, saya tidak akan bersyukur melainkan kepada Allah. Abu Bakar menunjukkan kepadanya tingkat kedudukan yang lebih sempurna yaitu “Baqa’) yang mengakui adanya makhluq Allah ta’alaa telah berfirman : Hemdaklah bersyukur kepada-Ku dan kepada Ayah bunda, Rasulullah juga bersabda : tidak bersyukur kepada Allah orang yang tidak bersyukur kepada sesame manusia. Tetapi Siti Aisyah pada waktu sedang terpengaruh dari perasaannya lupa dari semua makhluq, sehingga tidak melihat sesuatu kecuali kepada Dzat Allah yang Maha Esa dan Maha Kuasa”.   
Dari nasehat Abu Bakar kepada Siti Aisyah di atas dapat diambil kesimpulan, bahwa seorang yang menerima kenikmatan yang diperolehnya melalui perantaraan orang lain, maka hendaklah ia bersukur (berterima kasih) kepada orang itu dengan tidak melupakan, bahwa Allah-lah yang sebenarnya telah memberikan kenikmatan itu. Sedangkan orang tersebut hanyalah bertindak sebagai pela
Dengan demikian ia dapat menduduki “Maqom Baqo” yakni kedudukan yang paling sempurna dalam menerima kenikmatan dari Allah.
Sehubungan dengan hal ini Allah berfirman dalam Al-qur’an Surat Luqman ayat 14, yang artinya:
“Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada orang Ibu Bapakmu……”.
Juga Rasulullah S.A.W. bersabda sebagaimana yang tersebut dalam Hadits dari Nu’man bin Basyir, yang artinya :
“Tidak bersyukur kepada Allah orang yang tidak bersyukur kepada manusia”…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar